Sunday 17 February 2013

Musik Untuk Perubahan

Musik untuk perubahan apakah itu klise?

Saat mayoritas anak muda mulai skeptis dengan politik apalagi yang mereka bisa percaya untuk mengubah dunianya? Sebagian besar anak muda itu berkata "musik". Mereka masih percaya dengan kekuatan musik. Ini momen yang tepat untuk musisi menyebarkan energi positif bagi para anak muda yang percaya musik. Dengan kekuatan musik kita bisa mengangkat isu-isu sosial yang bergelimpangan tak berdaya saling tumpang tindih. Belum habis riwayat isu yang satu, sudah cepat bergilir tergantikan oleh isu lainnya.

Bagaimana cara untuk menolak lupa?
Salah satunya dengan bantuan para musisi yang peduli. Mengemas liriknya dengan visi, mentautkan isu sosial bukan dengan gaya pragmatis dan melodrama. Isu yang ada sebenarnya bila digali dan ditilik bisa ditemukan akar permasalahannya. Dari situlah setiap musisi dengan cara yang beragam sesuai karakter masing-masing bisa urun rempug meraciknya menjadi lirik. Tentunya dengan kata-kata yang cukup sederhana dan bisa dimengerti.

Saat lagu-lagu tersebut diperdengarkan, di situlah musisi bisa bercerita tentang latar belakang dan ide krusial apa yang mendasari pembuatan lagu. Perlahan namun pasti kita akan hidup sebagai generasi yang menolak lupa. Generasi yang peduli akan sekelilingnya. Bukan sekedar ikuti isu, larut dalam arusnya namun tak berbuat apa-apa.

Musisi bisa berperan di sini, menjadi dinamo bagi perubahan. Kepedulian yang lahir dengan tulus melalui musik. Untuk semua musisi Indonesia, kalian adalah agen perubahan, kita sudah muak akan politik tapi kita masih cinta musik.

No comments:

Post a Comment