Saturday 20 July 2013

Demi Metallica

  Berawal dari ide seorang fans Metallica yang menjual souncardnya untuk modal beli tiket konser, muncullah tagar #DemiMetallica di Twitter. Saat itu Adityo Pratomo a.k.a @kotakmakan berasumsi pasti banyak fans Metallica yang ingin nonton konsernya tapi ga punya uang atau belum ada rezeki lebih untuk beli tiket seperti nasibnya sekarang ini. Maka dia iseng bikin tagar #DemiMetallica untuk orang-orang yang ingin menjual asetnya sebagai modal beli tiket.

  Awalnya pemilik akun yang ingin berjualan cukup menyertakan tagar tapi sekarang @kotakmakan membuatkan satu akun khusus untuk memfasilitasi transaksi mereka. Akun yang bernama @DemiMetallica ini berfollowers hampir 1500-an padahal belum genap satu bulan. Ini adalah wadah iklan baris paling tepat. Twitter lebih mudah diakses, tinggal upload barang, mention @DemiMetallica untuk kemudian diretweet lalu bila jodoh bisa mendapatkan pembeli.

  Keriuhan di media sosial tidak lepas dari campur tangan Arian 13 (vokalis Seringai) dan Wendi Putranto (Executive Editor Rolling Stone Indonesia website), barang-barang bagus yang berkeliaran dengan tagar #DemiMetallica beberapa kali dretweet oleh mereka.

   Minggu kemarin saya sempat mengajak @kotakmakan menjadi narasumber #bincangminggu. Ada beberapa hal yang menarik di fenomena #DemiMetallica ini, antusiasme begitu besar hingga ha-hal unik yang diperjualbelikan di sini, misalnya ada yang yang serius tapi bercanda mau jual diri sampai tergila ada yang mencoba menjual keris warisan dan yang termahal adalah yang mencoba jual tanahnya.

   @kotakmakan berpendapat Ini bukan cuma sekedar iklan baris, tapi juga ada cerita yang bisa bikin orang empati sama alasan orang jual/beli. Dan yang paling hebat adalah orang-orang yang berinteraksi di @DemiMetallica. Mereka punya sense komunitas yang kuat. Memang fanatisme terhadap metalhead pasti akan luar biasa, niat yang tadinya cuma kasih fasilitas interaksi bisa jadi antusiasme yang sebesar ini.


  Tanggal 21 Juli nanti, @DemiMetallica akan mengadakan meet up di Borneo Beerhouse, Jeruk Purut. Buat teman-teman yang ada di sekitaran Jakarta boleh banget loh untuk gabung, mau bawa barangnya atau sekedar lihat-lihat siapa tau ada baju kece lalu kepincut.

No comments:

Post a Comment