Sunday 7 April 2013

Sejarah NEO

Neo terbentuk dari 3 grup rap yaitu Aldy, Dery dari Paper Clip dengan Budi dan Richard, Paperclip yang kita  kenal dengan lagunya Mati Lampu di album kompilasi Pesta Rap 1 tahun 1996.

Namun di album pesta Rap 1 itu Aldy dan Dery keluar gak join di Paper Clip karena pada saat take vocal di Guest Music Dery dan Aldy gak boleh sama bokapnya untuk take vocal mengingat umurnya masih 11 tahun sampe pager rumah digembok jadi terpaksa gak bisa take vocal deh.

Udet dan Donil berasal dari group Mix and Cop yang anggotanya Doniel, Udet, Mendy terbentuk dari 1 sekolah SMA 26 Tebet tahun 1994.

Mix n Cop lumayan menangin beberapa festival rap yang pada tahun itu booming dari acara ABG (TPI), Tenda Mangkal (Prambors ), AKSI (RCTI), Festival Rap Jabotabek, Festival Rap Bulungan, dan banyak lagi. Dengan lagu andalannya what's up doc fu schnickens dan beatboxnya.

Dari SMA 26 ini juga banyak lahir rapper-rapper, Abe, Remon, Onit, Gerry, Ruli (Boyz got no brain yang nyanti Nyamuk, Budi Paper Clip, dan banyak lagi) . SMA 26 punya ex kul Rap resmi yang didukung oleh pihak sekolah. Mungkin satu-satunya SMA di Indonesia yang punya ex kul rap pada saat itu mungkin ampe sekarang kali.

Terakhir Abe berasal dari Black Skin ( Abe, Remon, Onit) yang terkenal dengan lagunya Cewe Matre di Pesta Rap 1 1996.

Nah yang yang banyak salah sampe sekarang NEO sering disangka Cewe Matre padahal yang benernya adalah Black Skin grup Abe di Pesta Rap 1.

Sebelum terbentuk NEO, Abe, Donil, dan Udet bikin grup baru juga yaitu Mix Flixx dan menjuarai beberapa festival rap.

Nah mulailah di tahun 1997 Aldy dan Deri ngajakin Udet, Abe, Doniel untuk bikin project album yang diproduserin Iwang Noorsaid (@iwangnoorsaid). Namun pada saat itu nama grupnya kita putusin Southern Funksta belum NEO.

Dan Southern Funksta pun thn 1999 sempat ada di album Melly Manuhutu di lagu " Terbang Di Langit Biru " ini dia kalo mau denger http://www.youtube.com/watch?v=s0wTJdoqkDo tapi namanya masih Southern Funksta

Base camp dan tanah kelahiran NEO dalah Batu Raja yang merupakan kampung tanah kelahiran Dery dan Aldy juga . Pasnya lagi minggu kemarin kita shooting film #filmhiphopindonesia sambil shooting klip NEO di Batu Raja juga. Namun sayangnya Rumah Aldy, Dery udah rata sama tanah alias digusur.

1997 proses mengumpulan materi dan lagu sudah 10 lagu mulailah demo kita tawarkan ke label-label namun ditolak. Pada saat itu Indonesia khususnya Jakarta sedang bergejolak reformasi.
Reformasi pun menjadi salah satu konsep kita di album pertama yang judulnya KKN.

Setelah  2 tahun 1997-1998 kita prospekin ke label-label ditolak akhirnya tembus jd di tahun 1999 dengan label baru Bintang Record dan distribusi Musica Studio.

Sebelumnya single 1 bukan Borju karena reff Borju pada saat itu bukan yg kita kenal sekarang. Namun suatu malam Dery  sama Udet nemu wangsit di Studio daerah Buncit utk Reff Borju agar diganti seperti sekarang.

Dan kembali suatu malam kita rapat pleno dengan produser Iwang Noorsaid dan executive producer Itje Komar agar mengganti nama Southern Funksta  menjadi yang lebih simpel.
Setelah kita polling beberapa nama di kertas ada  1 nama di kertas tersebut NEO yang diusulin oleh manager kita Ari @arie_arbulz yang artinya baru bahasa Yunani dengan harapan selalu menghasilkan karya-karya yang selalu baru (as simple as that) dan ketok palulah nama Southern Funskta menjadi NEO.

Di tanggal 7 April 1999 kita anggap sebagai hari lahir NEO dimana tgl tersebut pas kita shooting video clip Borju yang disutradai oleh Rizal Mantovani dan Upi dari avant-garde .


Sumber: Udet (@papiudet)

No comments:

Post a Comment