Tuesday 26 November 2013

Lagu Terdeteksi oleh Aplikasi-Aplikasi

Teringat tentang presentasi @tyohan beberapa bulan lalu tentang database music digital. Di era digital seperti sekarang ini kita mesti pandai memanfaatkan apapun teknologi yang ada untuk menyebarluaskan konten musik. Salah satu upaya yang kadang terlewatkan oleh musisi adalah mensubmit konten via database music digital seperti Gracenote dan Musicbrainz.



Tujuan dari penggunaan database music digital adalah agar konten musik teman-teman bisa terdiscover oleh aplikasi-aplikasi musik/non-musik. Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang memanfaatkan database ini. Setiap lagu memiliki fingerprint, kirim fingerprint tersebut pada server lalu server mengembalikan lagu dengan meta data yg dimiliki. Dan data tersebut akan terdeteksi oleh komputer atau hp. Lagu yang didaftarkan bisa terbaca oleh Shazam, Soundhound, Path dan lain-lain.

Untuk rekan-rekan musisi penting banget membuat database musikmu. Submit ke Gracenote, upload ke Last.FM dan tag it on MusicBrain. Silakan menyimak presentasi utuh dari Yohan Totting mengenai hal ini di sini. Selamat men-database-kan lagumu.

No comments:

Post a Comment