Tuesday 26 November 2013

Sedikit Tentang Remix

EDM (Electronic Dance Music) emang gada matinya, tiap dekade ada saja jawaranya. Saya suka banget nyari remixnya musisi-musisi jadul. Dan itu seru banget. Suasana baru dan biasanya lebih happy sih. Kalau kita bosan sama sebuah lagu, kadang cari versi remixnya. Macem-macem, ada yang diremix jadi lebih up beat atau ditambah beberapa efek.

Remix biasanya ditambah unsur dubstep, drum n bass, electro, trap, breaks, moombahton, atau downtempo. Semuanya meriah ya kecuali down tempo.

-       Untuk remix yang kategori dubstep, biasanya kuat di bassline, selaras dengan ritme. Musisi lokal yang main dubstep contohnya adalah Dubyouth. Skrillex mungkin bisa masuk kategori dubstep.

-       Ada pula glitch hop, sebenarnya ia adalah sub genre dari electro di akhir tahun 90an. Dia tidak spesifik pada bpm (beat per minute) tertentu. Sepertinya glitch hop adalah permainan digital sound such as clicks / bleeps / bit crush reduction and many more. Ada satu lagu dari album Daft Punk terbaru yang diremix dengan style glitch hop.

-       Kalau drum n bass sih banyak yang udah pada tau yah. Ini genre yang cukup familliar di Indonesia. Lahir sekitar pertengahan 90an. Beatnya cepat dengan bassline berat diiringi sub bass line. Yang suka OASIS boleh denger remixnya Wonderwall di sini.

-       Trap. Beberapa sumber menyebutkan ini dari hip hop dan crunk Amerika Selatan. Ini ulasan bagus dari sebuah situs DJ, tentang trap remix djz.com/news/what-is-t. Saya pun menemukan musisi yang main di genre ini, Bro Safari namanya.

-       Dari semuanya, paling unik menurut saya adalah Breaks atau sering disebut breakbeat. Konon genre ini emang ngehancurin beat makanya namanya breakbeat. Ritmenya acak-acakan dengan pattern drum 4/4.

-       Salah satu yang menyenangkan, Mombahtoon. Ini fusion genre dari house music dan reggaeton.

Kalau ga suka kenceng banyak juga chill trap remixes yang asyik dinikmati sambil makan sukro. Mixtape ini contohnya 8tracks.com/guestaudio/15-


Cek juga karya dari Pogo. Anak muda yang superkece bikin mixingan ampe kerja di pixar pogomix.net
Dan remix-an paling mempengaruhi malam-malam romantis yang saya lalui adalah Flight Facilities soundcloud.com/flightfaciliti.

Kalau berminat menggali lebih dalam lagi silakan intip web keren tentang EDM dibwompbeats.com.

No comments:

Post a Comment