Tuesday 12 March 2013

Pekan Musik Nasional #4

Hari ini Pekan Musik Nasional #4 hadir dengan citarasa berbeda, nonton film bareng diakhiri dengan penampilan 4 band keren ibukota.

Sengaja musikindoneia.fm memilih film Soundcity karena berkaitan dengan pergerakan #sahabatlokananta, berikut ini resume filmnya, saya mendapatkan ini dari Kaskus (dapat dari PIC Pekan Musik hari ini, Jiwa, yang lupa mencantumkan link resume ini):


Sound city (2013) merupakan sebuah film dokumenter tentang studio musik yang terletak di Van Nuys, California. Menceritakan sejarah awal musik tercipta dari sebuah perjuangan dalam sebuah studio musik yang sudah tua dan menolak membiarkan revolusi digital masuk untuk menenggelamkannya.

Film dokumenter Sound City tentu saja menceritakan tentang studio dan semua seniman yang tercatat disana, tetapi film ini lebih fokus untuk mengenalkan dan memberikan pemahaman berbeda dalam menciptakan musik dengan menggunakan peralatan yang sudah tua. Studio tersebut juga mempunyai beberapa kelebihan yang dirancang untuk menciptakan suara dengan distorsi yang baik.

Studio Sound City berkembang pada tahun 1970-an, hingga pada tahun 1980 bersama-sama Lindesy Buckingham dan Stevie Nicks, akhirnya mereka memberikan perubahan besar dengan menciptakan hit pertamannya. Namun sejalan dengan itu revolusi digital telah dimulai dan membuat usaha mereka semakin tenggelam.

Beberapa pengamat film mengatakan; Grohl menciptakan sebuah film dokumenter yang dinilai menarik dan bersifat pribadi untuk dijadikan sebagai bahan pendidikan dan inspirasi, dimana Sound City memberikan kesan kepada penonton untuk menciptakan sebuah musik dengan kemampuan yang kita miliki. Ia juga menunjukkan bahwa studio merupakan bagian penting dari sejarah musik.

Seru bukan? Masih ada kesempatan untuk teman-teman mampir ke Borneo Beer House, Jeruk Purut, antara Kemang-Benda. Ada Barris, Parisude, Mata Jiwa dan Messa:





No comments:

Post a Comment