Tuesday 12 March 2013

Pekan Musik Nasional #5


Teman ini alasan kenapa kamu harus datang ke Pekan Musik Nasional #5 di SAE Institute Jakarta. 



Kapan lagi kita berdiskusi tentang sound dan audio bersama pakarnya. Berikut sekilas tentang narasumber hari ini:

Widi Puradireja

Widi Puradireja merupakan salah satu personil Maliq & D’Essentials yang memang menyukai dunia audio sejak lama. Memiliki studio sendiri dan label bernama Organic Records. Kini Widi mulai menjadi produser beberapa band ibukota, termasuk Sir Dandy yang membawa Widi menjai salah satu nominator mixing engieneer peraih AMI Award 2012. Widi tidak hanya berkiprah di tanah air saja, Atilia Indah dan Najwa Mahiaddin adalah penyanyi bertalenta asal Malaysia yang juga digarap oleh tangan dingin Widi Puradireja.

Harmoko Aguswan

Harmoko Aguswan atau lebih akrab dengan sebutan Mokobigbro berkiprah di dunia audio.  Perjuangan dalam meraih keahlian di bidang sound engineer dilalui Moko penuh lika-liku yang panjang. Awalnya Moko menuntut ilmu sekolah bisnis marketing pada tahun 1998 di kota Seattle, Amerika Serikat. Namun karena tertarik dengan dunia sound engineer, Moko memutuskan kerja paruh waktu sambil belajar di sebuah studio rekaman, yaitu Stepping Stone Studio. Sayangnya hanya bertahan 6 bulan, karena studio tersebut bangkrut. Namun semangatnya tidak pupus, sehingga Moko mencari tempat menuntut ilmu di kota Los Angles, Amerika Serikat.
Di kota ini, Moko berhasil masuk program Extention Recording, UCLA. Jam kuliahnya pada malam hari dapat dimanfaatkan Moko untuk bekerja paruh waktu lagi. Di pagi hari, Moko bekerja di studio rekaman milik salah satu gurunya, sedangkan siang hari bekerja di pabrik Ribbon Microphone AEA, serta jika tidak kuliah di malam hari, Moko magang sebagai sound engineer di sebuah klub jazz.
Kuliah yang seharusnya selesai dalam 2 tahun, dapat diselesaikan Moko hanya dalam waktu 1,5 tahun. Setelah lulus, Moko meneruskan kerja di AEA, dan pada malam hari tetap bekerja di klub jazz sebagai sound engineer. Aktivitas ini dilakukan hingga tahun 2003, dan akhirnya Moko memutuskan kembali ke Tanah Air untuk menekuni usahanya di bidang sound engineer.

Jack Simanjuntak
Jack Simanjuntak selain aktif mengajar di UPH jurusan Sound Design, ia kini menjabat sebagai Head Dept. Sound Design, Conservatory of Music UPH. Lama berkecimpung di dunia musik dengan berbagai hal yang dikerjakannya. Mixing dan mastering engineer di film The Raid (2012), HUT RCTI 23 (2012) sebagai sound designer, sebagai produser dan engineer Indrawan Tjhin Group Jazz Quartet,Boby Limijaya Budapest jazz Orchestra dan sedang menggarap film selanjutnya, Berandal. Jack Simanjuntak pernah bekerja di Sesame Street Indonesia (Jalan Sesama).

Moderator: Yandha Khrisna, merupakan sound engineer untuk band Sweet as Revenge dan kini aktif mengajar di kelas Music Production SAE Institute Jakarta

Sampai jumpa pukul 19.00 di FX Mall, F6 SAE Institute Jakarta dengan tema diskusi Home Recording versus Professional Studio Recording. 

Be There! Salam #musikindonesia

No comments:

Post a Comment