Friday 20 April 2012

Anak Band Harus Keren


Mimpi jadi anak band yang sukses bukan hal yang mustahil. Gue berkenalan dengan musik dan mempelajari celah apa saja yang memungkinkan. Walaupun faktor hoki akhirnya akan menjadi penentu, lo tetep harus berusaha untuk jadi keren. Karena unsur mutlak untuk menjadi anak band itu adalah, lo harus KEREN! Ini ada beberapa saran ga penting, terserah lo mau terapin atau ngga, yang pasti ini tulisan udah gue renungkan dalam-dalam:

 1. Lo harus punya materi yang bagus, sekalipun lo menamakan genre lo ‘beleketesimamamlupla’, tetaplah harus ada orang yang mengapresiasi karya lo. Seperti Denny Sakrie bilang, kalau lo cuma bikin musik untuk diri lo sendiri. Itu ga beda dengan lo masturbasi. Lo berbuat, lo yang menikmati sendiri.

2. Lo harus tau, lo mau ngapain, mau kemana, mau apa dan kenapa? Itu akan berlanjut pada konsep. Gue adalah musisi yang niat bermusik bukan hanya hobi bermusik.

3. Setelah lo tau jawaban dari semua pertanyaan gue barusan, lo butuh nulis semuanya dan buat strategi yang sesuai dengan pangsa pasar lo. Musisi yang keren, udah pasti tau siapa aja yang bisa nikmatin karyanya. Agar target marketnya tepat lo harus riset.

4. Setelah tau konsep dan genre musik lo. Cari deh siapa aja musisi yang punya genre serupa lalu bandingin apa aja kelebihan satu sama lain lalu ciptain formula.

5. Apa sih formula yang tepat? Musik berkualitas, konsep, strategi dan hal istimewa. Mengapa hal istimewa?

Seidealis-idealisnya lo, pasti butuh uang kan? Nah nilai jual lo adalah keunikan. Lo harus berani menawarkan sesuatu yang beda dibanding dari yang sudah ada. Nanti kita cari tahu, kira-kira apa aja keunikan yang bisa digali untuk menambah nilai jual.

5.1. Alat musik, carilah alat musik yang bisa menimbulkan ambience dan keunikan, macam: glockenspile, accordeon, brass section atau string section.

5.2. Aksi panggung, mungkin bisa membuat koreografi atau aksi panggung debus, apapun itu buat se-catchy mungkin, norak pun ga masalah, selama masih cocok dan ga maksa.

 5.3. Kostum, berani gila atau konsep kostum ciamik. Tergantung cara padu padan disesuaikan dengan genre atau gradasi warna, tema serupa dengan personil lainnya. Hormati panggungmu, di sanalah tempat karyamu akan diapresiasi.

6. Buatlah sistem manajemen sedari dini,  untuk mengantisipasi masalah-masalah yang menyebabkan kericuhan internal, diwajibkan memiliki manajer. Peran manajer sangat penting, selain mengatur jadwal, manager pun diharapkan mampu menjadi penengah di saat beda pendapat antar personil. Belum lagi manager harus bisa menjadi ujung tombak kemajuan band. Mengurus masalah keuangan sekaligus menjadi PR dari band tersebut.

7. Tidak semua personil band bisa bersikap ramah dan mudah bergaul, namun dari awal harus sudah ditekankan, setiap personil mempunyai tanggung jawab untuk menjadi PR dari bandnya. Selain untuk rasa memiliki, ini terkait juga dengan memperluas jaringan. Karena jaringan ini bisa membuat band terus hidup. Baik itu bertahan di komunitas maupun mengejar jam terbang. 8. Konsisten, bilamana uang sudah di dapat dan ketenaran hampir di depan mata. Tetaplah konsisten untuk menciptakan karya berkualitas. Pasar yang ada untuk kita bukan kita mengikuti selera pasar. Yakinlah musik yang bagus akan bertahan lebih lama daripada pasar yang beragam selera. Semoga tulisan di atas bisa bermanfaat. Tetap semangat walaupun seringkali kita jatuh, terjungkal dan terpuruk. Kalau bukan kita yang peduli musik Indonesia. Siapa lagi?


sumber foto: bukalapak.com

1 comment:

  1. Masukan buat anak band yang beneran mau terjun di industri musik nih...nice info bro... *jempol*

    Dateng juga ke http://www.wovgo.com/ di situ ada artikel soal band 90an yang mungkin bisa menginspirasi anak-anak band indonesia :)

    ReplyDelete