Saturday 21 April 2012

Selamanya Indonesia

“kita adalah sayap-sayap sang garuda di atas samudera di langit khatulistiwa semoga namamu sampai ke ujung dunia ceritakan semua indahnya pada mereka”



Tidak banyak musisi yang mengedepankan keistemewaan lirik dalam pembuatan lagu. Beda halnya dengan Twentyfirst Night, mereka tidak hanya memikirkan pemilihan kata dalam lirik namun ada satu pesan yang ingin mereka berikan.

 Tak sekedar kisah cinta berakhir bahagia atau lirik satir bernuansa ambigu. Satu yang menarik, Twentyfirst Night memiliki lebih dari dua kuintal nyali untuk membawa tema Indonesia dalam lagunya, Selamanya Indonesia. Di tengah krisis kepercayaan dan kondisi Indonesia yang entah berantah. Mereka memberikan optimisme, masih banyak kebaikan di Indonesia dan selamanya Indonesia akan tetap penuh cinta. Cinta?

Ada apa dengan sayap garuda dan beberapa kata yang menyiratkan kewajiban kita untuk menjaga Indonesia? Singkat saja, Twentyfirst Night hanya ingin memberikan sikap lugas, Indonesia akan maju bila kita maju bersama. Apatis di saat kritis? Itu pilihan, namun alangkah baiknya bila kaum muda menyatukan tekad untuk memberikan yang terbaik, bukan untuk kepentingan apa-apa, hanya untuk Indonesia. Seperti beberapa pertanyaan retorik yang kerap kali dilontarkan kaum muda.

Mengapa harus cinta Indonesia? Mengapa harus peduli pada Indonesia? Indonesia itu ibarat sahabat yang sebenarnya tak perlu kita beri apa-apa, dia pun tak minta apa-apa. Lalu, apakah disaat seperti ini kita akan diam dan pura-pura tak tahu apa-apa. Lihat saja video klip Twentyfirst Night ini, tak perlu banyak alasan untuk sebuah cinta. Kita menjaganya karena kebutuhan bukan keharusan. Kita dan Indonesia sebenarnya saling mencintai. Tapi seperti diam-diam. Sudah saatnya kaum muda tidak hanya bungkam.

No comments:

Post a Comment