Friday 27 April 2012

Indonesia dan Musisi Wanita Seksi


Sedikit sekali musisi wanita Indonesia yang membenamkan diri di jajaran neo soul music.
Neo soul adalah genre musik yang lahir sejak tahun 1900-an. Sudah lama sekali, Campuran antara jazz, funk, R&B kontemporer. Unsur African music kadang jadi nuansa para musisi neo soul

Mengapa disebut soul? Para musisi kulit hitam menyanyi dari hati karena di masa itu ada beberapa kelompok musisi merasa dirinya tertindas dan bermusik sebagai bentuk pemberontakan. Mereka bermusik di gereja (gospel music) ataupun saat senggang. Sampai suatu saat neo soul amat digemari, Motown Records salah satu record yang mempopulerkan neo soul.

India Arie, Erykah Badu, Lauryn Hill, Alicia Keys, Mary J. Blige, Amel Larrieux, Lisa Stanfields, menurut saya adalah contoh musisi neo soul wanita yang super kece. Begitupun Adele, saya sangat setuju kalau dia masuk ke genre neo soul melihat pembawaan dia di setiap lagunya. Amy Winehouse pun belakangan ini mulai nyemplung ke neo soul, sebelum ia meninggal tentunya. Corinne Bailey Rae, salah satu musisi neo soul favorit saya di kalangan musisi cewek muda nan kece. 

Nah kalau di Indonesia sendiri kita punya ga sih? Sebut saja Rieka Roeslan, Moluccas dan musisi yang diakui memiliki kekuatan karisma di tiap penampilan mereka. Bernyanyi dengan performa optimal serta liukan suara menjura.
Di era kekinian ada Parkdrive yang memiliki vocalis hebat, walaupun sudah sempat berganti dua kali, secara kebetulan vocalis mereka mempunyai warna neo soul yang kuat. Parkrive with Mikuni.
 


Parkdrive with Olivia Latuputty


Ada pula sebuah band yang sudah cukup lama malang melintang di berbagai gigs,
Bonita and The Husband, kuartet music ciamik, gabungan antara folk, soul dan R&B:



Solois wanita yang mempunyai teknik improvisasi yang kuat di setiap performanya, cocok dijuluki the next Erikah Badu Indonesia. Simak saja Musik Sepi dari Jemima:


Dan yang terakhir ini adalah seorang solois yang tidak asing dengan dunia panggung walau album pertamanya belum rampung. Saya giring kalian menuju Soundcloudnya yang terlalu keren untuk seorang musisi muda. Dia punya rumus sendiri dengan suara empuknya, rumus liuk kali rasa sama dengan fantastis.Grace Sahertian.


Musisi wanita Indonesia dengan berbagai karakter bermunculan. Dan neo soul bisa jadi semacam jamur yang akan terus menyebar dan menjadi marak. Semoga saja.


No comments:

Post a Comment